ALAT PERTUKANGAN UNTUK MEMBUAT KITCHEN SET

/ On : 9:29 PM/Terimakasih atas Kunjungannnya
Ingin  embuat kitchen set sendiri , berikut tip peralatan pertukangan yang dibutuhkan agar dapat membantu mempermudah membentuk dan mempercantik kitchen set yang kita inginkan

Informasi umum mengenai alat – alat pertukangan dalam pembuatan dan reparasi kitchen kabinet dan pintu yang melibatkan kayu sebagai material utamanya.Tahun baru segera tiba, banyak orang yang membut resolusi tahunan dengan harapan akan menjadi pribadi yang lebih baik di tahun mendatang. Namun, resolusi ini tak hanya seputar hal – hal yang berkenaan tentang diri kita saja, tapi juga hal – hal di sekeliling kita, termasuk rumah yang kita tinggali.

Berkaitan dengan hal tersebut, tak ada salahnya melakukan pembaruan dan renovasi di beberapa sudut rumah.Salah satu aspek yang tak boleh luput untuk diperhatikan adalah dapur. Setelah digunakan dalam jangka waktu lama, bukan mustahil jika ada beberapa part pada area ini telah lapuk atau rusak dimakan usia, misal yang sering terjadi pada kabinet. Maka, mesti dilakukan beberapa perbaikan pada hardwarenya. Untuk masalah ini, pastinya lebih baik diserahkan pada ahlinya. Tetapi jika Anda berfikir kerusakan yang terjadi hanyalah kerusakan minimal, tak ada salahnya Anda memperbaikinya sendiri. Namun sebelum Anda memberanikan diri untuk menangani masalah ini sendiri, jangan lupa untuk mengetahui alat – alat pertukangan yang akan sangat membantu Anda untuk memperbaiki hardware pada kabinet atau kitchen set .

Table Saw / Mesin Gergaji MejaMesin gergaji meja adalah sebuah mesin dengan gergaji bundar dan meja di sekelilingnya. Alat ini berfungsi untuk memotong papan / panel dengan menyesuaikan pola yang sudah dibuat. Anda bisa memotong papan tersebut dengan berbagai ukuran dan model dengan presisi yang tinggi. Dengan alat ini, Anda bisa memotong mortis (lubang top) dan tenon pada kerangka pintu kabinet serta menyesuaikan papan tersebut agar sesuai dengan frame yang sudah disiapkan.

Router
Router ini berfungsi untuk memotong lekukan – lekukan yang ada pada frame agar sesuai dengan papan. Juga, alat ini berfungsi untuk membentuk persendian antar frame dan membentuk frame agar sesuai dengan papan, sehingga tak ada celah atau rongga di antaranya. Router bits yang didesain untuk proses pembuatan kabinet maupun pintu biasanya memiliki fitur – fitur shaping yang lebih bervariasi. Selain itu, beragam aksesoris turut menyertai alat ini, mulai dari klem, handmade jigs, templates dan meja yang telah didesain khusus.

Klem
Ada kalanya ketebalan papan yang tersedia tidak sesuai atau kurang dari ketebalan yang kita inginkan. Maka, dibutuhkan dua atau tiga papan sekaligus untuk mencapai ketebalan papan ideal yang kita harapkan. Untuk merekatkan atau menguncinya, dibutuhkan klem. Klem ini sangat berperan dalam proses cabinet making atau pembuatan kabinet. Jenis – jenis klem yang biasa digunakan pada proses ini diantaranya klem pipa, klem bar, klem band, dan klem corner dan klem untuk frame. Khusus untuk klem bar dan klem pipa, alat ini mesti memiliki jangkauan yang disesuaikan dengan panjang dan lebar pintu kabinet agar bisa berfungsi maksimal.

Ketam blok
Ketam blok (block plane) adalah ketam berukuran pendek dan merupakan alat yang khusus untuk memotong serat atau urat kayu. Agar bisa terpasang dengan pas, biasanya Tenon akan dipotong sesuai dengan ukuran frame, kemudian disetel pada frame secara perlahan agar bisa benar – benar menyatu. Anda bisa menggunakan alat ini untuk menyetel tenon secara lebih presisi pada frame pintu kabinet.

Random Orbital Sander
Random Orbital Sander biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan pada kayu. Juga, Sander ini tidak akan meninggalkan bekas pada permukaan kayu, meski kayu dihaluskan berulang – ulang kali dengan sander ini. Untuk hasil maksimal, awali dengan 100-grit sandpaper, kemudian teruskan hingga 220 grit pada tahap finishing agar permukaan kayu lebih halus serta menampakan serat dan tekstur kayu secara lebih mendetail.

Drill Press
Biasanya untuk mengebor papan kayu sebagai tempat memasangkan skrup, hand drill saja sudah cukup. Namun jika Anda menginginkan presisi dan akurasi yang lebih tinggi, pastinya drill press ini lebih bisa diandalkan. Biasanya, drill press ini juga bermanfaat pada saat pemasangan engsel pada pintu kabinet atau kitchen set.

Mesin Chisel/Mesin bobok kayu
Mesin chisel atau yang biasa disebut mesin bobok kayu berfungsi untuk membuat pintu kabinet. Untuk itu, dibutuhkan pisau mesin chisel yang cukup tajam. Mesin chisel yang disetel dengan baik akan membuat lubang – lubang top (mortis) dan tenon lebih rapi.

Band Saw/Gergaji Pita
Band Saw / Gergaji Pita ini memiliki mata pisau yang sangat tipis yang memungkinkan untuk memotong frame maupun papan, untuk memotong rough stock dengan ukuran yang sesuai, serta untuk membuat veneers, yakni kayu dengan lapisan yang sangat tipis. Tabletop band saws biasa digunakan untuk pembuatan kabienet yang melibatkan papan kayu berukuran kecil dan tipis, namun tidak akan berfungsi maksimal pada pembuatan kabinet atau pintu yang memerlukan papan yang besar, solid, dan tebal.

Jointer/Alat pengelas
Jointer berfungsi untuk membentuk persendian yang menghubungkan papan maupun frame agar lebih halus, sehingga papan nampak melekat sempurna. Juga, jointer ini biasa digunakan jika kita ingin mendapatkan papan yang lebih luas dengan cara menggabungkan beberapa papan yang sudah ada.

sumber architectaria.com





Jasa Maket Profesional Indonesia

BACA JUGA